Tuesday, January 26, 2016

Menghentikan Gonggongan Anjing

Bagaimana menghentikan gonggongan anjing kita tanpa harus kehilangan kesabaran?

Kebanyakan pemilik anjing tahu bahwa hidup bersama anjing kadangkala bising. Tetapi, itu merupakan konsekuensi yang wajar jika kita mempertimbangkan segala cinta tanpa syarat dan kedekatan yang diberikannya, bukan?

Namun, kadangkala anjing kita menggonggong keras dan terus-menerus hingga kesabaran kita mulai terusik demikian pula kesabaran tetangga-tetangga kita.

Apa yang hendaknya dilakukan jika suatu saat anjing kita terus menggonggong tidak mau berhenti? Apakah kita akan terus-menerus dihantui oleh kebisingan itu? Untungnya, banyak ahli menyatakan bahwa ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalkan kebisingan tersebut.

Mengapa anjing menggonggong

Sebelum kita berusaha menghentikan gonggongan tanpa henti anjing kita, pertama-tama kita perlu mengetahui apa yang menyebabkan anjing menggonggong. Menurut Dr. Carol Osborne, DVM, ada banyak alasan yang mungkin menjadi penyebab, termasuk rasa bosan, rasa takut, rasa cemas, atau kurang mendapat perhatian. "Kadangkala itu merupakan kebiasaan buruk yang perlu diperbaiki," sang dokter menambahkan. "Hal terbaik yang dapat dilakukan dalam situasi tersebut adalah meminta bantuan pelatih anjing profesional atau setidaknya kembangkan cara baru untuk memperbaiki perilaku anjing tersebut."

Carol mengingatkan kita bahwa menggonggong adalah insting alamiah anjing dan merupakan cara mereka berkomunikasi, jadi adalah penting untuk memaklumi kebisingan yang ditimbulkannya sampai batas tertentu—khususnya jika gonggongan anjing tersebut biasanya adalah sebuah peringatan akan adanya bahaya atau merupakan respon terhadap suara-suara yang biasanya ada di tempat itu.

Bagaimana menghentikan kebisingan tersebut

Pelatih anjing Robert Cabral mengatakan bahwa banyak anjing menggonggong hanya untuk mencari perhatian saja, jadi jika gonggongan itu disambut dan ditanggapi maka akan membuat keadaan menjadi semakin buruk. "Ketika anjing menggonggong, yang terbaik adalah abaikan mereka sampai mereka diam, dan kemudian ‘tandai’ perilaku tersebut dengan perhatian atau perawatan," Robert menjelaskan.

Jika anjing kita hanya sedang merasa bosan, mudah untuk menghentikan gonggongannya yang berlebihan. Beri dia kasih sayang tambahan dan luangkan waktu untuk bermain-main dengannya, dan apabila Anda sedang tidak punya waktu untuk itu, pastikan bahwa ia punya benda-benda yang dapat ia mainkan atau tulang untuk dikunyah. Jika anjing kita disibukkan oleh sesuatu yang lain, kecenderungannya untuk menggonggong akan berkurang.

Jika anjing kita menggonggong karena rasa takut, Carol mengatakan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah menenangkannya. "Jika keadaan yang menakutkan menjadi penyebabnya, sebagai contoh, suara keras mesin penyedot debu, maka sebisa mungkin tenangkan anjing Anda dan pastikan bahwa segalanya baik-baik saja dan tidak ada alasan untuk waspada, atau dalam kasus ini, tidak alasan baginya untuk menggonggong," kata Carol. "Berusahalah menanamkan rasa percaya diri pada anjing Anda dengan cara Anda sendiri bersikap percaya diri."

Jika kita memiliki anjing yang merasa perlu untuk memperingatkan kita tiap kali ada daun terbang masuk melalui jendela, bisa jadi ia hanya sedang berusaha untuk melindungi orang-orang yang dicintainya. Menurut Denise Petryk, DVM, cara terbaik untuk menangani gonggongan semacam itu adalah dengan menegakkan posisi Anda sebagai pemimpin bagi anjing Anda. “Ketika anjing kita memandang kita sebagai pemimpin terdepan, ia tidak akan merasa perlu terlalu khawatir perihal melindungi dirinya sendiri ataupun melindungi keluarga Anda.

Masih belum berhasil juga? Coba beberapa tips berikut dari para ahli untuk membantu menghentikan kebisingan tersebut:

- Lakukan pengalihan perhatian dengan cara menyuruh anjing kita untuk mengerjakan suatu perintah tertentu.

- Ajak ia bermain-main untuk mengalihkan pikirannya kepada sesuatu yang lain.

- Nyalakan TV atau musik untuk menyingkirkan sejumlah suara yang datang dari luar.

- Tutup pintu atau jendela atau gunakan cara lain untuk menghalangi pandangan anjing kita.

Peralatan Latihan
Jika cara sederhana tidak berhasil, mungkin kita akan perlu menggunakan beberapa peralatan latihan untuk membantu mengajari anjing kita agar tidak terlalu banyak menggonggong. Penting untuk mendapatkan peralatan latihan yang tidak menyebabkan anjing kita merasa kesakitan, terkejut, atau ketakutan dan tidak akan mengganggu hubungan kita dengannya. Carol menganjurkan peralatan berikut:

Gentle leaders: Kalung yang tidak menimbulkan rasa sakit ini membantu menutup mulut anjing dengan lembut, untuk menghindari anjing menggonggong secara berlebihan.

Kalung penyemprot: Carol menganjurkan kalung yang bisa menyemprotkan citronella ketika anjing menggonggong. Anjing tidak menyukai baunya, sehingga biasanya itu akan efektif.

Kalung ultrasonik: Kalung yang memancarkan suara ultrasonik nada tinggi yang tidak disukai anjing tiap kali ia menggonggong.

Diterjemahkan dari: http://www.sheknows.com/pets-and-animals/articles/1100587/stop-your-dog-from-barking?utm_source=zergnet.com&utm_medium=referral&utm_campaign=zergnet_843375tm_medium=referral&utm_campaign=zergnet_843375

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar.”