Saturday, January 23, 2016

20 Fakta Penting Yang Harus Selalu Diingat Oleh Para Penyayang Anjing.

Berikut adalah 20 fakta penting yang harus selalu diingat oleh semua penyayang anjing. Petuah-petuah kehidupan ini mudah terlupakan di tengah sibuknya kehidupan kita, tetapi jika kita ingat bahwa diri kita adalah segala-galanya bagi anjing kita, 20 kebenaran ini tidak akan terlupakan.

1. Usia harapan hidup seekor anjing sangatlah singkat jika dibandingkan dengan usia harapan hidup manusia. Manusia dapat hidup hingga mencapai usia 100 tahun, sementara usia harapan hidup seekor anjing hanya 10-20 tahun. Maka jadikanlah usia hidupnya berarti baginya dan bagi kita.

2. Anjing bisa bertindak agresif dalam keadaan ketakutan. Sosialisasi sejak awal dengan manusia dan binatang lainnya adalah kunci untuk membangun rasa percaya diri, saling percaya dan cinta.

3. Anak-anak yang tumbuh besar bersama anjing bukan hanya lebih sehat melainkan juga menjadi manusia yang memiliki psikologi yang lebih baik. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang hidup bersama anjing memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, alergi yang lebih sedikit, dan kemungkinan bahkan memiliki mikrobiotik yang lebih sehat. Penelitian lain menunjukkan bahwa anak-anak yang dibesarkan bersama anjing merasakan diri mereka lebih terperhatikan, lebih bahagia, lebih bertanggungjawab dan lebih cerdas. Dan, anjing mencintai kawan-belia mereka, sebesar cinta mereka kepada manusia-manusia dewasa.

4. Ciuman oleh anjing dapat memperbaiki kesehatan Anda! Sebuah studi baru-baru ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa pertukaran mikroba antara anjing dan manusia dapat memberikan efek probiotik yang positif terhadap badan manusia yang kemudian berpengaruh terhadap keseluruhan kesehatan kita.

5. Anjing senang diberikan tugas/ pekerjaan. Menjaga anjing kita tetap aktif dan fit bukan hanya akan memelihara kesehatan fisik mereka, melainkan juga menjaga mereka tetap bahagia secara mental. “Anjing yang kelelahan adalah anjing yang bahagia.”

6. Anjing ingin membuat kawan-manusia mereka bahagia. Dengan mengajari anjing kita trik-trik, tantangan dan perilaku yang baru akan memperkuat rasa ikatan kita dengan anjing kita. Studi memperlihatkan bahwa jalinan keterikatan antara anjing dengan tuannya adalah serupa dengan jalinan keterikatan antara bayi dengan orang tuanya, dan secara alamiah anjing ingin menyenangkan hati tuannya.

7. Anjing mengurangi stres. Telah diperlihatkan bahwa anjing dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebab mereka memotivasi orang untuk pergi ke luar dan berjalan-jalan kaki. Juga, ikatan emosional yang dirasakan pemilik terhadap hewan peliharaan mereka mengurangi reaksi mereka terhadap stres dan meredakan detak jantung mereka.

8. Anjing mencari bantuan kepada kawan-manusia mereka. Rasa nyaman, rasa aman dan motivasi didapatkan oleh Anjing dari kawan-manusia mereka.

9. Anjing menghargai segala hal yang dilakukan untuk mereka. Tidak ada gerak-isyarat yang terlalu kecil ataupun terlalu singkat – anjing sangat senang jika dicintai dan diperhatikan, dan setiap menit yang kita habiskan bersama mereka akan terus membuat mereka semakin mencintai kita.

10. Anjing sensitif terhadap lingkungan sekitar. Mereka tidak bisa ditinggalkan di luar ketika cuaca terlalu panas ataupun terlalu dingin. Meninggalkan anjing di luar tanpa peneduh di tengah cuaca yang ekstrim bisa menyebabkan mereka sakit atau mati. Demikian pula, meninggalkan anjing berada di dalam mobil di tengah teriknya musim panas bisa membunuh mereka.

11. Anjing perlu dirawat secara teratur dan diberi perhatian untuk menjaga mereka tetap sehat secara fisik dan berbahagia. Kuku kaki mereka perlu dipotong, bulu mereka perlu dijaga tetap bersih dan disisir agar tidak kusut. Anjing juga perlu digosok giginya secara teratur untuk menghindari penyakit dan gigi berlubang.

12. Secara alamiah anjing ingin menenangkan orang yang sedang marah. Para ilmuwan telah memperlihatkan bahwa anjing merespon air mata manusia dan secara alamiah akan berusaha menenangkan hati orang yang sedang tertekan. Bahkan lagi, anjing bukan hanya berusaha menenangkan kawan-manusia mereka, mereka berusaha juga untuk membantu orang-orang asing!

13. Anjing tidak bisa ditinggalkan sendirian selama jangka waktu yang panjang. Mereka adalah binatang sosial dan memerlukan adanya orang-orang atau binatang di sekeliling mereka agar mereka tidak merasa kesepian, mengalami rasa cemas perpisahan atau bertingkah dengan menunjukkan perilaku yang buruk. Anjing perlu menghabiskan waktu bersama kawan-manusia mereka setiap harinya.

14. Anjing tidak memahami pembicaraan. Anjing merespon kata-kata kunci, nada suara dan bahasa tubuh. Penelitan telah membuktikan bahwa anjing mengamati interaksi manusia dan memahami sinyal-sinyal halus.

15. Anjing mencintai makanan, tetapi makanan bukanlah cinta. Makanan yang kita berikan kepada anjing kita akan mempengaruhi keseluruhan kesehatan mereka. Banyak makanan manusia yang buruk bagi anjing dan bisa bermuara pada kematian jika mereka memakannya.

16. Anjing bertumbuh dengan diberikan dorongan semangat. Metode pelatihan dengan dorongan yang positif telah terbukti memberikan hasil yang jauh lebih baik dalam mengubah perilaku anjing ketimbang metode pelatihan yang kasar dan keras. Para peneliti menyarankan agar anjing dilatih dengan baik dan dilatih sejak awal, untuk menghindari munculnya masalah penyerangan.

17. Anjing sangat ekspresif. Boleh jadi Anjing tidak memahami bahasa kita, tetapi mereka mampu menyampaikan banyak hal kepada kita, jika kita memperhatikan dengan saksama.

18. Anjing akan memperlihatkan perubahan perilaku secara tiba-tiba jika sedang sakit. Jika anjing Anda tiba-tiba saja berperilaku agresif, atau tidak mau berjalan atau makan, bisa jadi itu berarti bahwa mereka sedang sakit atau terluka. Anjing tidak mengeluh layaknya manusia, tetapi perubahan yang terjadi dalam perilaku yang biasa mereka perlihatkan dapat menjadi isyarat bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

19. Anjing tua pantas untuk diberikan cinta dan perhatian sebesar yang diberikan terhadap anak-anak anjing. Semua orang menyukai anak anjing, tetapi anjing-anjing tua telah selama bertahun-tahun memberikan cinta dan bersikap loyal terhadap kawan-manusia mereka.

20. Anjing tidak bersedia meninggalkan kawan-manusia mereka. Tak terhitung banyaknya laporan tentang anjing-anjing setia yang tetap berada di sisi kawan-manusianya ketika kawannya sakit, terluka atau bahkan meninggal dunia. Ingatlah yang satu ini ketika sudah waktunya bagi Anjing kita untuk menyeberangi Jembatan Pelangi (meninggal).

Diterjemahkan dari: http://www.reshareworthy.com/20-facts-for-dog-lovers/

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar.”